Seberapa introvert kah kamu?


Apakah kamu introvert seperti Amelie? Seberapa introvert kah kamu? Saya akan berbagi kisah panjang × lebaaar tentang ini, hehehe.... 

Sewaktu usia sekolah , terutama menginjak usia tanggung. SMP - SMA. Masa ini adalah masa masa sulit buat saya. Saya masih mencari cari siapa teman yang cocok buat saya dan pencarian jati diri. Siapa saya? Siapa teman yang cocok dengan saya. Ketika itu, saya anak yang bete-an, cepet pundung, dikit dikit nangis karena belum bisa mengendalikan emosi ketika sedang kesal sehingga di saat kesal, saya mengalami kesulitan untuk menenangkan diri dan berkata kata. Apakah saya punya teman? Punya. Saya punya beberapa teman sekelas yang menjadi teman dekat. I'm not crazy! πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†  masa SMP saya bisa jalani dengan aman dan stress tingkat pra remaja. 

SMA. Di saat inilah saya stress dengan lingkaran pertemanan saya. Di saat SMA pun saya mengalami stres. Mulai dari 3 bulan tidak haid. Haid yang tidak teratur. Stres hingga menggangu perncernaan. Terkadang saya merasakan tremor atau tangan gemetar , keringat dingin dan susah tidur. Di kala itu saya sulit berbagi masalah kepada orang tua. Bagi saya gak perlu deh curhat masalah sekolah ke orang tua. Yang ada malah saya balik salah. Pelarian nya waktu itu ke menulis jurnal. Dan menggambar. 

Masalah utama saya sebagai seorang introvert adalah ketika beradaptasi dengan orang banyak. Teman menjadi kendala. Awal SMA saya sih sebenernya dapet temen idaman. Tajir, baik (keliatannya), ramah malah saya inget deh pernah di ajak si bestie ini ke pesta ultah dia di cafe Alessandro Nanini Plaza Senayan! Boooo.... untuk ukuran anak SMA di era awal 2000 an ultah di Cafe itu elit banget, sayang saya berteman dengan si tajir ga bertahan lama. Ternyata dia teman makan teman πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† dan dapet kabar anak ini di kelas 2 berantem sama sobat deketnya.. 

Saya memiliki teman dekat di era SMP SMA..alhmdulillah pertemanan ini berlanjut hingga saat ini. Dunia remaja semakin sulit lagi ketika ketemu cowok. SMA itu pertama kali saya punya pacar. Dan untuk memahami arti pacar itu fungsinya apa masih absurd di kepala saya. Saya naksir cowok. Dan pingin jadi pacarnya..tapi apa fungsi pacaran ya?? Jadi bingung haha... nah lingkaran pergaulan - saya melihat banyak cewek cewek sebaya saya yang lebih berani. Lebih cerewet, cantik, luwes, percayadiri ketinggian padahal ga cantik tapi entah kenapa cewek berani model begini jadi menarik perhatian cowok cowok.. ?? 

Saya yang pendiam malah merasa terintimidasi dengan temen cewek model begini. Sampe temen deket saya berinisiatif menjodohkan saya dengan teman nya (euw!) Saya malah tersinggung kesannya kayak gw ga bisa cari pacar sendiri aja. 

Dalam dunia kesendirian saya, merasa nyaman melakukan segala sesuatu sendiri tanpa butuh bantuan dan teman. Tapi nyari temen yang sefrekwensi sama dengan kita itu susah banget! Pengennya ada 1 atau 2 temen deket yang ga cuma cocok tapi temen yang bisa di andelin ? Percuma mengandalkan manusia ga akan bisa.. karena punya kesibukan masing masing. Setelah sekelumit masalah adaptasi dengan kelompok manusia (entah memahami manusia lebih susah daripada memahami ngeong nya kucing) πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†  ketika saya masuk ke jenjang pernikahan, saya kira masalah introvert ini sudah selesai kan. Karena setelah menikah, saya sudah punya temen hidup, temen ngobrol, satu rumah pula πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… nah ternyata gak juga loh... 

Setelah menikah saya harus adaptasi dengan gerombolan yang menakutkan bernama : " emak emak arisan / cluster / grup emak emak". Waktu itu saya ikut arisan dan mau ga mau kudu upgrade skill basa basi sama emak emak. Duh ampun deh jiwa menyendiri saya tercabik cabik dengan berisik nya mereka , belom lagi kalo kumpul ngomongin kisaran dapur, pete, jengkol, kadang ada yang buka aib suami, kasur, anak, kadang yang satu ngomong yang satu ga mau kalah....penuh ke bull shit an .. gada upgrade ilmu yang bisa saya dapat dari acara kumpul kumpul bullsh*t ini... serius!
Suami saya terus memotivasi dengan kata ; " pasti ada yang bisa di pelajarin, misalnya masak", trust me darling, belajar masak bisa dari sosmed aja cukup. Karena ajang kumpul kumpul ini yang saya ga suka , pasti ada satu dua orang yang mengusik dengan pertanyaan yang kadang kita jawab malah di counter atau di singgah sama dia dia orang. Awal nya nanya jadi "pamer" pinteran siapa dalam beropini. Emang emaaaang saya tau kumpul sama emak emak butuh kesabaran dan ada namanya "harap maklum" di dalam lingkaran pertemanan ibu", well thank you so much I rather mundur aja dengan kedamaian πŸ˜‡ Malah keadaan terbalik. Suami saya si extrovert lebih cepet akrab dengan ibu" karena dia dulu pernah jadi pengurus lingkungan tempat saya tinggal. Opposite attract. Dari suami saya di suruh banyak senyum , tegur sapa ke tetangga..even nih ada tetangga yang annoying aja di suruh banyaaak sabar aja dan doa πŸ˜‡πŸ˜… 

Jenjang berikut nya, sesudah punya anak. Ketika sudah ada anak. Idealisme dan introvert saya pelan pelan jebol sudah. Saya bersyukurnya di saat ini saya sudah bisa lebih berani menegur duluan, ngajak ngobrol ibu" yang gak di kenal dan rasa nya lebih cair aja gitu. Tapi tetep ya, saya sampai saat ini ga punya temen 1 geng , geng anak sekolah, geng anak les, geng ngaji...tidak ada.. karena yaaa kalo kumpul kumpul itu makan waktu, lama dan berlama lama ngobrol, terlebih saya urus anak 3 , rumah dan mengajar online offline semuaaaa sendiri.. kata temen saya, "yu main keluar ketemuan sama temen.. " saya gila apa yaaaa??? Wkwkwk.... saya bilang , " aduh sorry kalo sekedar kumpul kumpul aja pernah dan ga suka lama lama karena ngurusin anak itu no satu dan gak bisa di tunda..kadang suka heraaan sih ada ibu ibu seneng banget kumpul sana sini dan berlama lama ninggalin anak dan suami. Katanya biarin sekali kali me time... Me time apa cari pelarian bu??? πŸ˜† 

Btw, di antara introvert pasti ada beberapa nya yang sama sekali ga bisa adaptasi atau bergabung dengan banyak orang. Tapi seiring berjalannya waktu ada yang bisa humble dan gabung dengan orang orang..nah kalau saya pelan pelan bisa membuka diri dan memilih untuk tetap ga terlalu sering kumpul kumpul nih buuu.... 
Coz menyendiri seperti sekarang aja bisa menghasilkan banyak manfaat seperti menulis blog yang saya lakukan kembali setelah vakum sekian lama 😊😊

So tipe introvert seperti apakah kamu? 

Pelan pelan saya menjelma seperti Cady Heron (Mean Girls)? πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†




 

Komentar

  1. Aku introvert tp dulu waktu sekolah termasuk gampang punya temen dan gak ada masalah sih. memasuki dunia remaja akhir, masalahnya mulai muncul tuh. Gak suka dan gak nyaman punya temen banyak dan selektif, kak. Tapi walopun punya temen banyak, ttp aja kalo cerita cuman mau ke 1 orang doang πŸ˜‚, gak suka curhat duluan, males kadang2 ngerasa “ngapain cerita2 masalah pribadi ke orang lain, blm tentu mrk bisa ngerti”.

    Semakin dewasa malah semakin ngirit ngomong dan sedikit punya teman, cuman ada segelintir org yg bisa dipercaya. Sama kayak kk, kadang2, bukan kadang2 lagi sih, aku anknya males basa-basi buat memulai percakapan. Cepet capek kalo ketemu orang, cepet gak betah kalo kelamaan ngobrol sama orang (yg gak terllalu deket), dan gampang kikuk. Cuman ya realita, krn kondisi menyuruh kita harus ttp terkoneksi sama manusia jdi mau gak mau dan terpaksa, kayaknya harus mulai merubah diri juga, wkwk. Tapi herannya, biasanya orng2 introvert ini lebih sering bersuara di dunia maya lhooπŸ€”

    Jadi intinya, introvert itu selalu butuh “ruang sendiri” untuk mengisi kembali energi dan memasuki dunia nyata yg penuh dgn basa basi πŸ˜‚

    BalasHapus
  2. kaka reka punya cerita πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  3. Aku pun bingung tipe introvert ku ini apa mba. Pernah sih ambil tes, cuma lupa tipenya, yg pasti memang introvert.

    Akh tuh ga suka kumpul2 Ama orang yg ga sefrekuensi, kayak ibu2 sekolah anak atau tetangga. Anti banget bisa dibilang.

    Tapi aku ga masalah kumpul lama Ama sahabat2 yg 1 passion traveling. Kayak langsung connect . Bahkan kalo sebelumnya ga kenal, tapi begitu ketemu bisa akrab cepet.

    Coba kalo ketemu Ama orang yg beda karakter, aku pasti menghindar dan ngerasa pengen cepet balik aja bawaan.

    Beneeer mba, kalo cuma mah belajar masak, lewat cookpad aja, drpd Ama ibu2 tetangga 🀣. Aku bisa masak berkat cookpad, sampe rela langganan.

    BalasHapus
  4. nah kan haha.... alangkah nikmat nya ketemu temen 1 frekwensi yaaaa... lebih berfaedah πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  5. Saya pun introvert...susah kalau suruh ngumpul ramai"bawaannya ga nyaman..tapi bukan berarti anti sosial,saya memang jarang bertetangga,tapi tetap jalin komunikasi walau sekedar hai hello,karena gimana pun juga orang yg terdekat kiri kanan adalah tetangga kalau kenapa"..saya sebetulnya ga anti dengan orang baru hanya susah saja memulai percakapan, kalau kepepet saya juga negur duluan sekedar berbasa-basi biar ga garing amat..hehehe yg pasti jangan pasang wajah jutek😁

    BalasHapus
  6. yay hidup introvert .... πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† baik nya emang bgtu y mba.. bersosialisasi seperlunya.. kalo saya susah masuk di geng ibu", tapi lebih damai hidup πŸ˜‚☺☺☺☺☺

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer