Proffesion Path

 Hay, 

Di usia dimana sudah berkeluarga, pernah ga sih mikir kayak : " temen gw siapa aja yaaa sekarang?, kayaknya gw ngerasa ga punya temen". Zuzurly, di usia sekarang ini saya merasa lingkaran pertemanan nyata itu sedikit. Dan ternyata, teman teman saya banyak nya di dunia maya. Karena kalo sapa sapa temen lewat wa kan ga susah. Kalau sekarang mau ketemuan susah nyaaa.... harus maintain urus anak anak , rumah dll

Tapi, saya baru menyadari juga ternyata teman teman dunia maya saya yang "silence" yang gak berisik di sosmed, status wa dll. Mereka luar biasa. Ini yang membuat saya merasa bersyukur kalau teman "silence" ini memiliki cerita perjuangan yang inspiratif, tangguh, spesial dan bukan sekedar pajang foto foto kumpul kumpul arisan yang sooo "dump", karena aku merasakan gaes. Dimana aku gabung di WAG ibuk2 yang mana ketika ada kegiatan 1 event yang cuma 1 sd 2 jam aja. Foto foto dump nya sampe ratusaaaan bebs. Haduh akirnya aku cabut aja dari grup meaningless itu. 

So, balik ke tema tulisan hari ini..

Hari ini saya mau menulis , membahas dan sekalian memberikan gambaran / mengedukasi ke siapa aja yang membaca blogku tentang beberapa profesi pekerjaan. Dan saya melakukan wawancara dengan mereka melalui chat. Oke, langsung aja. Meet with my inspiration poeps. Wawancara pertama adalah dengan Mba Dessy, salah satu kuliah saya di Fakultas  Desain. So, inilah hasil wawancara nya. Mudah mudahan menginspirasi kalian ya.. 


Hai, Halo Ka Deasy.. Apa kabar nih ☺

1. kita mau kenalan dulu ya sebelum ngobrol jauh. Bisa ceritain sedikit kak profesi nya apa ? dan sudah berapa lama berkarir di bidangnya?

A : Aku interior designer, bekerja di konsultan desain sudah lebih dr 12 thn. Skrg aku mulai usaha sendiri bersama sahabatku bikin HOuse Of iDeas (HOOD)


2. Apa yg menjadi passion kaka untuk menekuni bidang tersebut?

A : Dulu sewaktu sekolah awalnya sih suka beberes rumah, dan suka menata rumah. Setelah kuliah di interior desain, ternyata desain interior bukan cuma nata rumah, tapi problem solving dengan cara yang kreatif.

3. Dalam berkarir, ada kendala ga ? dan bagaimana kk menghadapinya ?

A : Kendala banyak ya, ada dengan tukang, klien dan vendor.. menghadapinya kita fokus kepada masalah dan cari solusi nya. Jgn kabur dan jgn emosi.


4. Bicara soal dunia desain, khususnya interior. Sekarang kan lagi musim "Industrial Design", menurut Kak Deasy, seperti apa sih industrial design itu ?

A : Industrial design itu berasal dr revolusi industri dulu, dimana orang orang mem bangun rumah atau tempat tinggal dengan material seadanya. Tanpa finishing spt cat, wallpaper, semua material ter-expose seperti pabrik industri. Karena memang pada saat itu orang tidak mampu untuk membeli material yg digunakan seperti bata tanpa finishing acian, semen, besi, yang semuanya terekspose. Strukturnya juga lebih simple spt pabri industri. Jadilah disebut dgn industiral design.


5. Apakah trend ini, sebagai solusi atau alternatif untuk penghematan dalam membangun sebuah hunian seperti rumah / studio / Cafe dll ?

A : Tidak untuk rumah. Rumah kembali kepada kebutuhan penghuninya. Cafe atau commercial space itu harus memenuhi kebutuhan branding nya. Jadi trend hanya mengikuti bukan menjadinyg utama.


6. Ciri khas dari desain bergaya industrial ini apa aja ka ?

A : Material yg digunakan itu bata yg tanpa finishing acian, semen, besi, yg semuanya terekspose. Strukturnya jg lebih simple spt pabrik industri.


7. Apakah kaka memakai gaya ini untuk studio kk bekerja? 

A : Gaya ini tidak sesuai dengan kebutuhan saya :)


8. Saran kaka apa nih untuk teman teman yang ingin memakai gaya ini untuk hunian / cafe / studio?

A : Kembali lagi, cari tau dulu apa kebutuhan kamu di ruangan itu. Aktifitas apa yg ada disana. Jika memang cocok dengan gaya ini silahkan aplikasikan, tapi semua kebutuhan terpenuhi.


9. Last, apa saran kaka bagi teman teman yang ingin berkarir sbg desainer interior dan sekaligus prospek ke depannya desainer menjanjikan secara finansial atau gmn .. ?

A : Menjadi desainer interior itu sama dengan pemecah masalah dengan kreatifitas. Kamu harus mengerti teknis dan estetika secara bersamaan. Desainer interior bukan cuma menata rumah dan bikin gambar 3d yg bagus. Tapi mendesain kehidupan manusia melalui ruang tinggalnya. Perlu sekolah dan pengalaman yg banyak di lapangan. Yg paling penting dlm Mendesain adalah kebutuhan, kesehatan, keselamatan pengguna dan sustainabilitas ruangan, pemecahan masalah dan tanggung jawab desain. Jadi.. desainer interior bukan cuma nata ruang dan gambar 3d.

Karir pasti berkembang terus, krn interior menyangkut 3 kebutuhan primer yaitu tempat tinggal. Semua org pasti butuh itu.

Tp pertanyaannya, mana dan bagaimana desain interior yg baik? 


thanks for your time 😃

ohya ini aku sertakan foto foto kantor nya







photo by : brigidalourdes

Kak Deasy yang beralamat di : 

HOOD INTERIOR DESIGN

0818-291-283

https://maps.app.goo.gl/eYM1sLs2gQhjHnqB9



Komentar

  1. Wah..kantornya desainnya jg rada unik GT yaa.ada batang kayunya....temen saya juga dikit mbk..ga sampe itungan lima jari..itu sohib Deket ..berhubung udh misah"krna berkluarga ya wes..ud jarang ketemu..ga perlu banyak"dikit tpi berkualitas..yg penting nyaman Ama persohiban😁🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer