Proffesion Path

 Lanjut, bahas soal profesi. Yang satu ini adalah Mbak Yulia. Awal ketemu karena anak nya pernah les menggambar online sama aku. Dan ternyata mba Yulia adalah seorang penulis yang kisah nya menginspirasi, huhu jadi terharu. Nanti aku akan sertakan foto buku buku hasil karya nya yang sudah pernah di terbitkan. Enjoy ☺


Alhamdulillah kabarku baik. 

1. Hay kak, ceritain sedikit dong ka soal profesi kakak saat ini apa ?

A : Aku saat ini menjalani  freelance dan salah satunya dgn menjadi penulis. Kurang lebih 5 tahun kayaknya mulai fokus bangetnya. 


Apa yang menjadi passion kaka untuk menekuni bidang ini ?

2. Dari dulu emg suka menulis dan dapat manfaat banget dari menulis jd pengin berusaha fokus di situ.

Apa yang menjadi kendala kakak dalam berkarir sebagai seorang penulis ?

A : Kendalanya palingan di tools dan kondisi ya. Jd aku mengalami masa2 harus terus duduk menulis tapi aku ada skoliosis di punggung jd gampang nyeri punggungnya. Palingan harus rutin2 peregangan aja atau yoga. Trus kendala lain itu di tools ya. Jd aku menulis tapi udh bbrp th terakhir ini tuh laptopku mati total dan komputerku rusak. Jd utk sementara ya seadanya dulu aja deh hehe.

Siapakah tokoh yang menjadi inspirasi kakak dalam menulis ?

4. J.K Rowling, Andrea Hirata dan Paulo Coelho

Apakah kaka punya gaya menulis yang menjadi ciri khas kaka?

A: Aku suka gaya metafora atau juga penjabaran yg detail kayak di Harry Potter gitu. Juga yg semacam sajak/puisi.

Apakah achievement kakak dalam berkarya ?

A : Achievement apa ya. Palingan sempat dimuat tulisannya di majalah, juga pernah menang lomba menulis di blog juara 3 dan dapat hadiah komputer. 

Terus juga awalnya di th 2013 aku nulis di blog mengenai pengalaman skoliosisku, kemudian aku banyak kenal sama teman2 sesama skoliosis dan akhirnya dr situ aku kepikiran untuk mengembangkan tulisan menjadi sebuah buku. Jadilah buku mengenai pengalaman skoliosisku yg diterbitkan indie di th 2013. Aku tulis buku itu tujuannya utk menyemangati teman2 sesama skolioser lain yg mengalami kondisi skoliosis juga. Bukunya berjudul Pantang Padam: Catatan Skolioser.

Kemudian di th 2019 aku coba buat buku bacaan anak. Karena aku sering bgt bacain buku buat anakku jadi kepikiran buat bikin buku anak dan aku suka sama lingkungan hidup jadilah buku bacaan itu isinya tentang pengenalan terhadap lingkungan hidup. Judulnya Arga dan sarang Burung.

Tahun 2021 kemudian terbit yg seri selanjutnya. Arga dan pasukan jamur.

Apa project kaka ke depan?

A: Saat ini coming soon buku bacaan anak lagi. Tapi bukan yg seri Arga. Ini aku buat utk yg anak usia 3+ jadi kata2nya lebih sederhana dibandingkan yg seri Arga.

Saran kaka apa nih buat yang ingin berkarir sebagai penulis ? dan apakah prospek ke depannya secara finansial dan lain lain bagus?

8. Waduh saranku kalau mau jadi kaya secara instan sih penulis nggak masuk ke profesi yg menjanjikan 😂. Maksudku begini, jgn jadikan menulis sebagai tujuan supaya jadi kaya. Karena yg bisa seperti itu aku rasa J.K Rowling saja hehe. Saranku kalau suka menulis ya dimulai dgn menulis saja dulu. Apapun yg kita suka, kita tuangkan saja dulu ke dalam tulisan. Nantinya kita akan ketemu pola menulis sendiri dan klo buatku sih merasakan manfaat dari menulis dan itu nggak melulu soal finansial. Tapi kalopun ada yg mau menulis dgn bertujuan menjadi kaya ya bebas aja sih hehe.

Btw ini ig mba Yulia : https://instagram.com/chamaecyparischeilanthes?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Bisa juga beli buku nya di ig nya yaaaa 





Komentar

  1. Wah kalo baca"buku kayak gini apalgi menulis udah jadi bagian hidup seseorang itu jadi gimana gitu,secara aku nulis di blog aja masih baru,dan masih suka ngasal aja ,ngeblogku juga masi seujung kuku,🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm... nulis ada cerita strugglenya masing2 sih mba, kyk temenku mba Yulia ini , menulis kyk sebagai healing dia gt dr skoliosis..

      Hapus
    2. Iyh makanya mbk..di balik sakit nya justru ada kekuatan yang super,hebat ya si mbk Yulianya😊

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer