Apa beda Cocktail dan Mocktail , awas jangan sampai salah pesan!

 

Cocktail dan Mocktail adalah 2 nama menu minuman yang di jumpai ketika kita buka buku menu di Cafe , Brasserie fine dinning. Tapi 2 nama minuman ini ada bedanya loh, awas jangan sampai salah pesan, karena salah satunya berbahan dasar alkohol! Jeng.. jeng.... buat saya yang muslim saya pastikan gakan pesan minuman seperti ini yaaa..... 

di lansir dari halaman cnnManager bar di Hotel The Stones Legian, Bali, John menjelaskan perbedaan kedua jenis minuman ini. Kata dia, keduanya memang mirip karena sama-sama campuran dari berbagai rasa dan minuman.

Bedanya apa ?

1.Cocktail

pic : idn times 

Cocktail mengandung alkohol. Berapa persen pun kadarnya, akan selalu ada kandungan alkohol di dalam cocktail. Campurannya, kata John, terdiri dari alkohol dan minuman non-alkohol atau alkohol dengan alkohol.

"Bisa misalnya alkohol, brendi dicampur orange jus. Itu sudah jadi cocktail. Jadi bisa alkohol dengan alkohol atau alkohol dengan non-alkohol, very simple," kata dia. Dari segi rasa, cocktail sebenarnya tidak memiliki rasa alkohol yang terlalu kuat. Minuman ini bisa jadi alternatif bagi orang yang ingin 'minum cantik'.

"Jadi bisa dinikmati dalam obrolan santai. Alkoholnya not strong ya, lebih kuat rasa manis biasanya," kata Jhon. 


2. Mocktail

Mocktail tidak menggunakan campuran alkohol. Minuman ini adalah campuran jenis minuman apa saja yang tidak mengandung alkohol sedikit pun. Untuk memperkuat rasa dan kesegaran, mocktail bisa ditambah soda. Tapi, tanpa soda pun minuman ini bisa sangat enak, terutama jika menggunakan campuran yang pas.

"Bahkan berbagai herbs itu bisa jadi mocktail. Misalnya jahe, lengkuas, itu bisa. Tinggal ditambah sirup kaya gula dan air. Sudah jadi mocktail," kata Jhon. 

Mocktail bisa jadi alternatif minuman bagi mereka yang tak bisa minum minuman beralkohol. Jadi jangan sampai tertukar lagi antara cocktail dengan mocktail.

Note : pic di atas salah satu menu mocktail di Bakerman cafe. Salah satu menu nya saya masih liat ada pake beer. 


Semoga bermanfaat yaaa tulisan saya. Yang utama ketika datang memesan makanan di restoran / cafe / brasserie fine dinning, cermat membaca menu, mau di tempat makan apa aja siiiih sebenernya, karen makanan sekarang udah banyak variasi, inovasi dan lain lain... 

hmmmm.... jadi pingin sekuteng 😅😅😅





Komentar

Postingan Populer