Beda nya Croque Monsieur and Croque Madame

Jika anda ke tempat makan fine dining yang menyajikan menu makanan perancis model Monsieur Spoon , Union, Paul. Anda akan menemukan makanan dengan nama Croque Monsieur. Biasanya saya sebelum datang review, saya akan mencari tau dulu isi makanannya apa saja, memastikan juga tidak ada unsur yang gak halal. 

Langsung aja yaaa kita bahas apa beda nya :

1. Croque Monsieur

Roti lapis yang berisi daging ham, keju  panggang atau goreng. Makanan ini biasanya di sajikan di restoran Perancis dan bar sebagai snack cepat saji. Menu ini adalah menu makanan otentik dari Perancis.

Biasanya Croque monsieur ini di sajikan bersama menu tambahan seperti , salad, kentang goreng  dan kadang di pasangkan dengan minuman alkohol. Di sini,  biasanya di pasangkan dengan kopi. 

Asal nama croque monsieur artinya ; "renyah". Kata "Croque" berasal dari kata kerja croque (to crunch / mengunyah) yang mana masih satu bunyi dari kata croque. 


Bahan bahan  dari Croque Monsieur

Sederhana, roti, keju dan daging panggang. Beberapa variasi menggunakan saus bechamel. Terkadang di sajikan bersama saus mustard , cara pengaplikasianya saus ini seperti mentega yang di oles sebelum menambahkan bahan lain. Cara masaknya dipanggang dan di goreng, di sajikan dengan mentega yang meleleh. Hmmmm....... 

Saus Béchamel atau saus putih adalah salah satu dari lima saus utama dalam kuliner klasik Prancis. Saus béchamel versi modern dibuat dari susu dan roux (campuran dari mentega dan tepung terigu) serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu seperti garam, lada, dan biji pala. (wikipedia)


Sedangkan Croque Madame

Sandwich Perancis yang di sajikan dengan telur goreng di atasnya. 

Apakah Croque Monsieur di sajikan untuk sarapan? ya, panganan ini cocok di sajikan dan di makan untuk sarapan. Roti lapis ini konsisten berisi : ham (daging sapi yang di potong potong tipis) , keju dan roti. Roti yang di gunakan untuk ini adalah roti mentega dan di panggang atau di bakar. Lalu roti ini di lapisi daging ham , telur dan keju kemudian di panggang / di goreng hingga berwarna kecoklatan. Tentunyaaaa di goreng ala bule beda kayak di kita. Pastinya mereka menggoreng dengan minyak zaitun, minyak kelapa , minyak minyak yang lebih sehat lah 😅😅 

(sumber tulisan : monpanierlatin) / pic search by google. 



Komentar

Postingan Populer